PENANDATANGANAN NOTA KESEPEMAHAMAN DAN PERJANJIAN KERJASAMA ANTARA UNIVERSITAS AIRLANGGA DAN BAPETEN

Kamis, 13 Juli 2017, Univeristas Airlangga menandatangani nota kesepahaman bersama Badan Pengawas Tenaga Nuklir Nasaional (BAPETEN) Republik Indonesia. Acara yang dilaksanakan di ruang rapat rektor kampus C Universitas Airlangga tersebut dihadiri oleh Kepala BAPETEN Prof. Dr. Jazi Eko Istiyanto, M.Sc., yang didampingi oleh Direktur Pengaturan Pengawasan Instalasi dan Bahan Nuklir, Dr. Ir. Yudi Pramono, M.Eng., beserta jajarannya dan dari pihak Universitas Airlangga dihadiri Rektor Universitas Airlangga Prof. Dr. Moh. Nasich, S.E.,MT., AK.,CMA, dan di dampingi Wakil Rektor III, Prof. Ir. Moch. Amin Alamsjah, M.Si., Ph.d. beserta jajarannya.

Dengan penandatangan nota kesepemahaman ini, diharapkan dapat membuka kesempatan baru bagi mahasiswa Universitas Airlangga untuk dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dalam bidang ketenaganukliran. Dalam acara tersebut Rektor Unair mengatakan bahwa ilmu ketenaganukliran patut untuk dikembangkan untuk dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia khususnya dalam hal pemenuhan kebutuhan listrik. Sejalan dengan hal  tersebut Kepala BAPETEN sangat menghargai adanya kerjasama ini dikarenakan ilmu ketenaganukliran masih tergolong baru dan dapat digali lebih dalam. Beliau berharap mahasiswa dari fakultas lain juga dapat melakukan penelitian dalam bidang ketenaganukliran karena dibutuhkan banyak ahli nuklir dari berbagai disiplin ilmu untuk mengembangkan tenaga nuklir di Indonsia.

Dalam kesempatan yang sama Dekan Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Prof. Abd. Shomad, S.H., M.H., dan Ibu Suriwati Pratiwi selaku perwakilan dari BAPETEN menandatangani perjanjian kerjasama antara Fakultas Hukum Universitas Airlangga dengan BAPETEN dalam melakukan penelitian pembuatan Naskah Akademik sebagai landasan dalam revisi Undang – Undang No. 10 Tahun 1997 tentang Ketenaganukliran yang diniliai sudah tidak dapat mengakomodir kebutuhan pengaturan tenaga nuklir di Indonesia yang semakin berkembang.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.