Kunjungan Studi PSN Unair ke ASEAN Secretariat, BAPETEN, dan BATAN

Sebagai satu-satunya universitas di Indonesia yang menawarkan mata kuliah Hukum Nuklir yang dibuka untuk mahasiswa lokal dan internasional serta memiliki pusat studi yang memfokuskan diri pada regulasi dan teknologi ketenaganukliran Indonesia, Fakultas Hukum Universitas Airlangga merasa terhormat telah diterima oleh otoritas ketenaganukliran tertinggi di Indonesia; yaitu BAPETEN dan BATAN. Dalam kunjungan yang dilaksanakan pada tanggal 30 April 2017 sampai dengan 4 Mei 2017, Pusat Studi Nuklir Universitas Airlangga dan mahasiswa peserta progtam AMERTA berkesempatan untuk mengunjungi ASEAN Secretariat, BATAN, dan BAPETEN.

Dari kunjungan studi tersebut, kami memperoleh wawasan baru dan lebih komprehensif dari ketiga institusi tersebut.

ASEAN Secretariat memberikan penjelasan mengenai struktur dan kerangka hukum ASEAN Community yang meliputi 3 pilar utama ASEAN, ASEAN Charter, struktur institusional atau organ-organ ASEAN, kerangka dan instrumen hukum ASEAN, serta mekanisme penyelesaian sengketa.

Selain memaparkan hal-hal mengenai regulasi ketenaganukliran secara umum, BAPETEN memberikan 3 artikel berjudul Legal Framework for Nuclear Security in Indonesia (oleh Mira Wahyu Nugraheni dan Angga Kautsar); Nuclear Security Act: How to Combat Nuclear Terrorism from Indonesia Perspective (oleh Y. Pramono, D. Taufiq, dan M. Mamat); dan Recent Status of Indonesian Nuclear Regulatory System Development in Responding the Results of IRSS Mission (oleh Y. Pramono, Y.R. Akhmad, Y.W. Wibowo, dan L.S. Setianingsih). Meskipun singkat, ketiga artikel tersebut merupakan pengetahuan baru yang belum kami peroleh dari bangku perkuliahan.

Institusi terakhir yang kami kunjungi, BATAN, secara gamblang menjelaskan prinsip-prinsip penggunaan nuklir, manfaat nuklir, dan beragam inovasi serta produk yang telah dihasilkan oleh Pusat Teknologi Radioisotop dan Radiofarmaka (PTRR) BATAN. Selain itu, BATAN juga memaparkan hal-hal teknis seperti proses pengangkutan dan pengamanan bahan radioaktif serta permasalahan-permasalahan yang menghambat pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Indonesia.

Untuk lebih banyak foto, kunjungi: Galeri Kunjungan Studi PSN Unair (30 April – 4 Mei 2017)

Kunjungi juga: Trip of a Lifetime: Trip to Jakarta

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.